MODEL MANAJEMEN PEMASARAN ISLAMI BERBASIS ETIKA MUAMALAT DALAM MENINGKATKAN KEBERLANJUTAN UMKM DI PASAR TRADISIONAL
Keywords:
Manajemen Pemasaran Islami, Pasar TradisionalAbstract
Manajemen pemasaran termasuk salah satu disiplin ilmu dalam mengelola suatu bisnis, baik secara mikro ataupun makro. Tujuan dari manajemen pemasaran Islami ini tidak lain untuk mengatur segala bentuk kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian dalam berbisnis. Pengkajian penelitian ini bersifat penelitian lapangan field risearch yang dijelaskan berdasarkan data kongkrit dari objek penelitian dan dinalisis menggunakan taori manajemen pemasaran islami dengan menggunakan metode penelitian diskriptif. Metode ini dipilih karena dirasa lebih mudah dalam mengkaji data dan menganalisis data. Prinsip dasar manajemen pemasaran islami yaitu menjunjung tinggi nilai kejujuran dan keterbukaan antara penjual dan pembeli. Penerapan strategi pemasaran Islami yang terjadi di pasar Tradisional Slopeng terdiri atas tiga hal pokok pertama, penerapan karakteristik pemasaran Islami; kedua, penerapan etika bisnis Islami; ketiga, mencontoh praktik pemasaran Nabi Muhammad SAW. Etika dalam bisnis Islami yang diterapkan berdasarkan produk yang ditawarkannya, yaitu produk yang halal dan thoyyib, produk yang berguna dan dibutuhkan, produk yang berpotensi ekonomi atau benefit, produk yang bernilai tambah yang tinggi.
References
Abdullah, Boedi, dan Saebani, Ahmad, Beni, Metode Penelitian Ekonomi Islam (Muamalah), Bandung: CV Pustaka Setia, 2014.
Adiwarman A. Karim, Ekonomi Mikro Islami, Jakarta: Rajawali Pres, 2014), 208.
Alma, Bukhari dan Priansa, Juni, Donni, Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta
Amirullah dan Haris Budiyono, Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu, 2004
Assauri, Sofjan, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Raja Grafindo, 2007.
Aziz, Abdul, Etika Bisnis Perspektif Islam, Bandung: Alfabeta, 2013.
Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Sosial: Format Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya: Airlangga University, 2001.
Fajar Laksana, Manajemen Pemasaran; Pendekatan Praktis, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008
Fauziya, Yunia, Ika, Etika Bisnis dalam Islam, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014.
Ghazanfar, S.M., Medieval Islamic Economic Thought, London: RoutledgeCurzon, 2003.
Jusmaliani, dkk., Bisnis Berbasis Syariah, Jakarta:Aksara, 2008.
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001
Muhtadi, Saiful, Asep dan Safei, Ahmad, Agus, Metodologi Penelitian Dakwah, Bandung: CV Pustaka Mulia, 2003.
Nawawi, Ismail, Bisnis Syari’ah Pendekatan Ekonomi dan Manajemen Doktrin, Teori dan Praktik, Jakarta: Dwiputra Pustaka Jaya, 2012.
Nugroho J dan Setiadi, “Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen,” Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama, 2013
Nurul, H. (2022). Digital Marketing Era Society 5.0 dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Keislaman Terateks, 7 (2), 113–125
Nurul Huda & Rizka Fitriyah (2022). Sistem Ekonomi Islam Terbaik untuk Perekonomian di Dunia. Jurnal Keislaman Terateks, 7 (1), 191–200. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/terateks/issue/view/924/170
Sula, Syakir dan Hermawan, Kertajaya, Syariah Marketing, Bandung : PT Mizan Pustaka, 2006
Swastha Basu, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty, 2000.
Wawancara dengan Ibu Fitri, Penjual Daging Ayam, Slopeng, Dasuk, Sumenep, tanggal 27 Maret 2025 M.
Wawancara dengan Juma’diya, Penjual Makanan, Sumenep, 27 Maret 2015 M.
Wawancara dengan Masbiya, Konsumen, Sumenep, 27 Maret 2025 M.
