ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DI PASAR TRADISIONAL LENTENG

Authors

  • Abd. Hamid STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep

Keywords:

Etika bisnis islam, Pasar tradisional, Persepsi pedagang

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemahaman dan penerapan etika bisnis islam di pasar Lenteng Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan pemahaman etika bisnis islam di pasar Lenteng Sumenep serta untuk mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis islam di pasar Lenteng Sumenep. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dianalisa melalui berbagai teknik pengumpulan data dan analisa data menyatakan bahwa sebagian besar pedagang di pasar Lenteng Sumenep telah mengetahui dan memahami etika bisnis islam dalam berdagang. Namun, masih ada yang tidak mengetahui tentang etika bisnis dan memahami apa itu etika bisnis. Ketidakfahaman informan pedagang tentang etika bisnis tersebut, karena istilah etika bisnis masih terdengar asing oleh beberapa pedagang yang dimana sebelumnya belum pernah mendengar atau mendapatkan informasi mengenai etika bisnis ini. Mengenai penerapan etika bisnis islam yang didapatkan dari hasil wawancara peneliti jika ditinjau dari keempat prinsip-prinsip etika bisnis Rasulullah yang dijadikan tolak ukur yaitu sikap shiddiq, amanah, fathanah, dan tabligh, maka dapat dikatakan sebagian besar penerapan etika bisnis islam di pasar Lenteng Sumenep sudah menerapkan etika bisnis islam seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW.

References

Agus Arjanto. (2012). Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisnis. Jakarta: Rajawali Press

Buchari Alma. (1994). Ajaran Islam dalam Bisnis. Bandung: CV Alfabeta

Darussalam. (2011). Etika Bisnis dalam Perspektif Hadits. Cet 1. Makassar: Alaudin University Press

Faisal Badroen. (2006). Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Prenada Media Group

Huda, N. (2019). Faktor Individu, Lingkungan Dan Marketing Mix Yang

Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Jamu Tradisional

di Kabupaten Sumenep. Jurnal Keislaman, Pendidikan dan Ekonomi, Vol.

, No. 1, Oktober 2019, 78 - 96.

Mashur Malaka. (2014). Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha. Jurnal Adl 7(2)

Mohamed Aslam Hancef. (2010). Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer: Analisis Komperatif Terpilih. Jakarta: PT. Grafindo Persada

Muhammad Djakfar. (2012). Etika Bisnis (Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi). Jakarta: Penebar Plus+

Muhammad Mufid. (2009). Etika dan Filsafat Komunikasi. Jakarta: Kencan Prenada Media Group

Munir Fuady. (2005). Pengantar Hukum Bisnis. Yogyakarta: Citra Aditya Bakti

Nurul, H. (2022). Digital Marketing Era Society 5.0 dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Keislaman Terateks, 7 (2), 113–125

Siti Muzdalifah, dkk. (2019). Karakteristik Pedagang Tradisional di Pasar Keptihan Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi 13(1).

Veithzal Rival, dkk. (2002). Islamic Business and Economic Ethic. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Abd. Hamid. (2025). ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DI PASAR TRADISIONAL LENTENG . Tashfir Terateks : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah, 1(2), 14–24. Retrieved from https://ejournal.staimsumenep.ac.id/index.php/tashfir/article/view/65

Issue

Section

Articles