ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN DAMPAKNYA PADA PENJUALAN PRODUK DIGITAL
Keywords:
TikTok, pemasaran digital, pengaruh media sosial, penjualan produk digital, keterlibatan konsumen, strategi influencerAbstract
Perkembangan digital mengubah strategi pemasaran, dengan TikTok menjadi platform efektif berkat algoritma unik, video pendek, dan keterlibatan tinggi. Melalui survei kuantitatif pada pengguna dan pelaku bisnis digital, penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas konten, viralitas, interaksi audiens, ulasan, dan influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan menegaskan TikTok sebagai media strategis dalam pemasaran digital.
References
Barker, M., Barker, D., Bormann, N., & Neher, K. (2017). Social media marketing: A strategic approach. South-Western Cengage Learning.
Dharma, B., & Efrianda, M. R. (2023). Analisis penjualan online melalui media sosial TikTok. Dharmmesta, B. S. (2021). BMP EKMA4216/Modul 1-9 Pemasaran Strategik. Universitas Terbuka.
Digital Marketing Institute. (2023). The value of TikTok advertising: Why brands are betting big on short-form video. https://digitalmarketinginstitute.com/blog/the-value-of-tiktok- advertising
Gisha, & Malinda. (2023). The role of content marketing on TikTok in increasing sales..
Habes, M. (2023). The impact of digital marketing through the TikTok application on purchase intent. https://www.researchgate.net/publication/377090572
Hennessy, B. (2018). Influencer: Building your personal brand in the age of social media. Entrepreneur Press.
Huda, N. (2021). Peluang, tantangan dan dampak digital marketing di era society 5.0. Jurnal Keislaman Terateks, 6(2), 126–144. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/terateks/issue/view/893/136
Huda, N. (2019). Faktor Individu, Lingkungan Dan Marketing Mix Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Jamu Tradisional di Kabupaten Sumenep. Jurnal Keislaman, Pendidikan dan Ekonomi, Vol.4, No. 1, Oktober 2019, 78 - 96.
Kasali, R. (2019). Digital marketing: Strategi dan implementasi. Penerbit Kompas.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing management (Ed. ke-15). Pearson Education. Krisdanu, C. A., & Sumantri, K. A. (2023). TikTok sebagai media pemasaran digital di Indonesia.
Putri, S. T. (2024). Efektivitas penggunaan media sosial TikTok sebagai platform pemasaran digital produk.
Rambe, A. S. (2024). Peranan media sosial terhadap kenaikan nilai omset penjualan di 'TikTok' pada pedagang dengan cara live shopping.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed.). Wiley.
Simamora, B. (2021). BMP EKMA4475/Modul 1-9 Perilaku Konsumen. Universitas Terbuka. Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi 26). Bandung: Alfabeta.
Yin, L. K., & Hoi, N. K. (2023). Short videos, big decisions: A preliminary study of TikTok’s role in e-commerce consumer behaviour. European Journal of Business and Management Research, 8(1), 112–121. https://www.ejbmr.org/index.php/ejbmr/article/view/1783
Yulianto, M. R., Mubarok, A. N., Suyogo, M., Pebrianggara, A., & Almanfaluti, I. K. (2024). The influence of TikTok content on digital marketing of electronic products on e- commerce: A systematic literature review. Journal of Artificial Intelligence and Digital Economy, 1(9), 25–34. https://doi.org/10.61796/jaide.v1i9.588”
